Bang Edi: Tilang Elektronik Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

Bang Edi: Tilang Elektronik Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas
Korlantas Polri. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara, Jakarta, Edi Hasibuan menilai penerapan tilang elektronik atau e-TLE akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian.  

Terobosan tilang elektronik dilakukan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo atas masukan Presiden Joko Widodo, untuk menjawab kritikan masyarakat dalam penegakan hukum di jalan raya.  

Edi juga meyakini inovasi tilang elektronik akan menguntungkan negara, karena denda tilang nantinya masuk ke kas negara.

"Kami melihat penerapan e-TLE ini memberikan wajah baru dalam penegakan hukum yang transparan dan tegas di jalan raya," ujar Edi dalam keterangannya, Kamis (26/3).

Pandangan senada sebelumnya juga dikemukakan mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini lewat channel YouTube Edi Hasibuan Official.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Starategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) ini, terobosan Kapolri yang dirangkum lewat program Presisi, banyak diapresiasi masyarakat.  

Karena itu, Edi meyakini pemberlakuan tilang elektronik juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat berlalu lintas.

"Kami melihat tilang elektronik ini akan mengubah masyarakat semakin tertib berlalu lintas," katanya.

Bang Edi meyakini tilang elektronik yang diberlakukan Polri bakal meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News