Mulai Cemaskan Penerus Dalai Lama

Mulai Cemaskan Penerus Dalai Lama
Mulai Cemaskan Penerus Dalai Lama
PADA 6 Juli nanti banyak warga Tibet "baik yang berada di kampung halaman maupun berdiaspora" yang gundah. Sebab, pada tanggal itu Jetsun Jamphel Ngawang Lobsang Yeshe Tenzin Gyatso alias Tenzin Gyatso atau yang lebih dikenal sebagai Dalai Lama berusia 75 tahun.

  

Mereka gundah karena saat usia sang patron terus bertambah, belum jelas siapa yang akan menggantikan kedudukannya. Padahal, Tiongkok masih kuat mencengkeram Tibet dan orang-orang Tibet yang hidup di sekitar kawasan Himalaya sengsara karena diperlakukan sebagai warga negara kelas dua.

  

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada keyakinan (Buddha) dan Tibet setelah (era) beliau (Dalai Lama) nanti," ucap Yeshe Jamyang cemas seperti dilansir The Times of India.

  

Jamyang adalah salah seorang di antara 80 ribu warga Tibet yang mengikuti Dalai Lama lari ke Dharamsala, India, setelah kegagalan melawan pendudukan Tiongkok pada 10 Maret 1959. Eksodus ke India bagian utara itu sekaligus menandai era diaspora warga Negeri Atap Dunia tersebut ke negara-negara tetangga. 

  

PADA 6 Juli nanti banyak warga Tibet "baik yang berada di kampung halaman maupun berdiaspora" yang gundah. Sebab, pada tanggal itu Jetsun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News