Mulan 100 Persen Tionghoa

Mulan 100 Persen Tionghoa
Mulan versi animasi (kiri) dan aktris Liu Yifei yang bakal memerankan Mulan versi live action. Foto: Aceshowbiz

jpnn.com - Disney memenuhi janji untuk membuat film-film terbarunya bebas dari sindrom whitewashing. Live-action Mulan, yang rencananya tayang dua tahun lagi, dipenuhi aktor dan aktris berdarah Tionghoa.

Awal pekan ini Donnie Yen diumumkan sebagai mentor Mulan, Komandan Tung. Kemarin Disney mengumumkan dua nama besar lagi di jajaran cast. Yakni, Jet Li dan Gong Li.

Gong Li bakal memerankan penyihir, villain utama di film besutan Niki Caro tersebut. Di Hollywood, nama Gong Li melejit setelah membintangi Memoirs of a Geisha pada 2005.

Setelah itu, dia bermain di Miami Vice dan Hannibal Rising. ’’Aku percaya pada otentisitas,’’ ujar Caro soal cast non-kulit putih ketika diwawancarai The Hollywood Reporter.

Selain menjaga agar seluruh pemainnya merupakan keturunan Tionghoa, Caro menampilkan karakter baru. Tidak sepenuhnya berdasar versi animasinya.

Misalnya, tidak ada villain yang diperankan Gong Li di versi animasi. Dia menggantikan Shan Yu, pemimpin pasukan tentara Hun, tokoh antagonis utama.

Jet Li, yang sedang berada dalam tahap akhir penandatanganan kontrak, akan memerankan kaisar Tiongkok. Dalam film, tokoh tersebut mewajibkan satu laki-laki di setiap keluarga mengikuti pasukan perang kerajaan.

Di Hollywood, karir pemeran Wong Fei-hung dalam franchise Once Upon a Time in China itu sudah menginjak dua dekade. Dia berakting dalam Lethal Weapon 4, Romeo Must Die, hingga The Expendables.

Disney mengambil langkah berani terkait film live action Mulan. Film yang rencananya tayang dua tahun lagi, dipenuhi aktor dan aktris dari Asia.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News