Mundur Jika Penduduk Terus Membludak

Mundur Jika Penduduk Terus Membludak
Mundur Jika Penduduk Terus Membludak
JAKARTA - Pertumbuhan penduduk Indonesia yang jauh melebihi angka proyeksi memang membutuhkan penanganan serius. Karena itu, dibutuhkan kerja keras dan terobosan baru untuk bisa menekan jumlah penduduk yang kian tak seimbang dengan daya dukung dan daya tampung itu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Sugiri Syarief saat melantik pejabat eselon I, II, III, dan IV di lingkungan BKKBN, Jakarta, Rabu (21/12). Disebutkan dia, sensus penduduk 2010 menunjukkan jumlah penduduk Indonesia jauh lebih besar dari angka yang diproyeksikan.

"Terdapat kelebihan sekitar 3,5 juta jiwa. Begitupun laju pertumbuhan penduduk. Hasil sensus menujukkan angka 1,49 persen. Padahal yang diproyeksi hanya 1,27 persen," ujarnya.

Untuk mengatasi semua itu, pemerintah bersama DPR telah merevisi Undang-undang (UU) Kependudukan. Berikut Peraturan Pemerintah (PP) yang mewajibkan daerah untuk ikut berperan aktif dalam urusan KB.

JAKARTA - Pertumbuhan penduduk Indonesia yang jauh melebihi angka proyeksi memang membutuhkan penanganan serius. Karena itu, dibutuhkan kerja keras

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News