Mungkinkah Gangguan Ginjal Terjadi pada Anak?

Mungkinkah Gangguan Ginjal Terjadi pada Anak?
Ginjal. Foto: Ilustrasi Boldsky

jpnn.com - Apa yang ada di benak Anda saat mendengar istilah gangguan ginjal? Cuci darah, mungkin itu hal yang ada dalam pikiran Anda saat mendengar istilah gagal ginjal. Secara jumlah, gangguan ginjal memang lebih banyak terjadi pada usia lanjut. Namun rupanya, gangguan ginjal pada anak ternyata juga bisa terjadi.

Seperti apa gangguan ginjal yang terjadi pada anak? Apa penyebab dan komplikasinya? Simak ulasannya di bawah ini.

Ginjal dan fungsinya

Ginjal merupakan salah satu organ penting untuk mengatur keseimbangan tubuh. Fungsi utama ginjal adalah untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh karena ginjal merupakan organ pembentuk urine.

Selain itu, ginjal juga memiliki fungsi lain seperti mengatur tekanan darah, menghasilkan hormon untuk membantu pembentukan sel darah merah, serta salah satu tempat metabolisme vitamin D dalam tubuh.

Ketika anak berusia 2 tahun, ginjal mencapai kematangan sehingga fungsinya sudah sama seperti ginjal orang dewasa. Selanjutnya, setelah usia 40 fungsi ginjal mulai menurun secara perlahan seiring dengan penambahan usia.

Penyakit ginjal pada anak

Penyakit ginjal tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa, tapi juga pada anak. Penyakit ginjal pada anak juga memiliki berbagai penyebab. Berikut beberapa kelompok kelainan ginjal pada ana:

1. Penyakit ginjal bawaan.

Secara jumlah, gangguan ginjal memang lebih banyak terjadi pada usia lanjut. Namun rupanya, gangguan ginjal pada anak ternyata juga bisa terjadi.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News