Musim Mudik di Era Jokowi Lebih Oke Ketimbang Jaman Mega dan SBY

Musim Mudik di Era Jokowi Lebih Oke Ketimbang Jaman Mega dan SBY
Presiden Jokowi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTAKemacetan parah di Tol Cipali musim mudik lebaran tahun ini membuat pemerintah kebanjiran kritik. Meski begitu, ada juga yang menganggap pemerintahan Jokowi-JK telah sukses mengawal arus mudik.

"Kami mencatat bahwa mudik kali ini secara kualitas lebih baik dari era pemerintahan SBY dan Megawati Soekarnoputri," jelas Analis Politik & HAM Labor Institute Indonesia, Andi William Sinaga dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi RMOL, Senin malam (4/7).

Hingga memasuki H-2 Lebaran, intensitas pemudik meningkat tajam, baik yang menggunakan kendaraan umum, pribadi, kapal laut dan pesawat udara. Andi menilai, banyaknya pemudik lantaran Presiden Jokowi telah melakukan perubahan besar-besaran disisi infrastruktur jalan, terutama penambahan ruas jalan tol.

"Belum lagi perubahan yang cukup signifikan dari prasarana dan sarana mudik seperti kemdaraan pengangkut mudik,stasiun kereta, terminal moda transportasi darat dan terminal udara juga sudah semakin lebih baik, tertata rapi, dan lebih manusiawi," lanjutnya.

Andi menambahkan, kelemahan seperti macet di sekitar jalur mudik di Pantura dan jalur lain adalah hal yang lumrah dikarenakan intensitas pemudik yang cukup besar.

"Tinggal bagaimana pemerintah memikirkan manajemen pengaturan mudik di tahun mendatang,seperti pemisahaan jadwal mudik berdasarkan kendaraan seperti pemisahan mudik dengan menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi jga bsa di uji coba. Selain itu pembukaan jalur-jalur alternatif yang rawan macet seperti Pantura perlu dipikirkan," tandasnya. (rmol/dil/jpnn)


JAKARTA - Kemacetan parah di Tol Cipali musim mudik lebaran tahun ini membuat pemerintah kebanjiran kritik. Meski begitu, ada juga yang menganggap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News