Musim Panen, Optimis Inflasi Turun

Musim Panen, Optimis Inflasi Turun
Musim Panen, Optimis Inflasi Turun
JAKARTA-- Cukup dikejutkan dengan inflasi yang mencapai 0,84 persen di Januari 2010, Badan Pusat Statistik (BPS) optimis kondisi akan membaik di Februari. Hal ini dikarenakan beberapa komiditi yang menjadi penyumbang inflasi mulai menunjukkan trend positif yang bisa menekan laju inflasi. Hal ini diungkapkan oleh Kepala BPS, Rusman Heriawan kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Rabu (3/2).               

Komiditi penyumbang inflasi seperti beras, kata Rusman, diperkirakan bulan Februari ini mulai memasuki masa panen. Sementara gula pasir, Indonesia dalam bulan yang sama akan mulai melakukan impor guna menambah suplai yang ada. Dua komoditi ini sebelumnya menjadi penyumbang inflasi terbesar di awal tahun 2010.               

‘’Kita optimis kondisi akan membaik, karena kenaikan harga barang kebutuhan pokok masyarakat berpengaruh besar terhadap inflasi. Karena sudah memasuki musim panen beras dan mulai impor gula pasir, Februari ini saya optimis inflasi bisa lebih rendah dari Januari,’’ kata Rusman.

Selain itu, Rusman mengingatkan bahwa pergerakan harga di pasar sangat sensitif terhadap isu-isu dan statemen yang berkembang. Untuk itulah kepada pemegang kebijakan diharapkan memberikan kepastian kepada pelaku pasar. Karena akan berkaitan dengan langkah cepat yang perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya inflasi.

JAKARTA-- Cukup dikejutkan dengan inflasi yang mencapai 0,84 persen di Januari 2010, Badan Pusat Statistik (BPS) optimis kondisi akan membaik di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News