Myanmar Tindas Rohingya, Saatnya Pak Jokowi Bela Muslim Teraniaya

Myanmar Tindas Rohingya, Saatnya Pak Jokowi Bela Muslim Teraniaya
Presiden Joko Widodo saat menyaksikan pengiriman bantuan untuk muslim Rohingya, Desember 2016. Foto: Biro Pers Kepresidenan.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Alazhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin mendorong Presiden Joko Widodo menunjukkan peran lebih besar dalam persoalan Rohingya. Ujang menuturkan, presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu bisa menunjukkan keberpihakannya kepada umat Islam yang tertindas.

Menurut Ujang, Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia harus berdiri di garda terdepan membela etnis Rohingya. “Ini saatnya presiden peduli terhadap nasib umat Islam yang tertindas, teraniaya, dan terbunuh di Myanmar,” ujarnya di Jakarta, Inggu (3/9).

Direktur eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu menuturkan, Indonesia bisa memelopori tuntutan agar penghargaan Nobel Perdamaian untuk Penasihat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi dicabut. Selain itu, katanya, pemerintah Indonesia juga bisa bernegosiasi langsung dengan pemerintah Myanmar untuk menghentikan pembantaian terhadap etnis Rohingya.

“Jadi saya kira sudah waktunya presiden berbicara di forum internasional dan Indonesia harus bersedia menerima pengungsi Rohingya,” pungkas pengajar ilmu hubungan internasional di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) itu seraya mengutuk keras aksi kekerasan dan pembunuhan terhadap etnis Rohingya.(gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News