Nadiem Bidik Indonesiana TV Jadi Wadah Diplomasi Budaya Internasional

Nadiem Bidik Indonesiana TV Jadi Wadah Diplomasi Budaya Internasional
Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan kanal budaya Indonesiana TV dapat diakses melalui situs website Indonesiana.tv dan kanal Indonesiana.TV. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejak resmi mengudara pada 3 September 2021 jangkauan penonton Indonesiana TV makin luas dengan sajian konten positif terkait budaya Indonesia dari seluruh latar belakang dan usia.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan kanal budaya Indonesiana TV dapat diakses melalui situs website Indonesiana.tv dan kanal Indonesiana.TV di jaringan televisi kabel Indihome saluran 200 (SD) dan 916 (HD), serta media sosial Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan TikTok.

Kanal Budaya Indonesiana – Indonesiana TV dapat diakses melalui laman www.indonesiana.tv dan kanal Indonesiana.TV di jaringan televisi kabel Indihome saluran 200 (SD) dan 916 (HD), serta media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Mengutip data dari MediaHub, memasuki tahun 2023 ini, jangkauan penonton melalui jaringan televisi kabel Indihome sudah mencapai 66.396 penonton perbulan. Sedangkan melalui laman, total setiap bulannya berjumlah 385.331 penonton di tahun 2023.

"Kanal Indonesiana merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi pemajuan kebudayaan, yakni Indonesia bahagia berlandaskan keanekaragaman budaya yang mencerdaskan, mendamaikan, dan menyejahterakan," ungkap Nadiem dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (29/7).

Nadiem menyebutkan Indonesia adalah negara pertama di dunia yang memiliki Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) untuk mengukur pemajuan kebudayaan. Dalam mengukur IPK, aspek yang dinilai adalah warisan budaya, ketahanan sosial budaya, pendidikan, ekonomi budaya, gender, budaya literasi, dan ekspresi budaya.

“Skor IPK mengalami kenaikan dari 2018 ke 2019, tetapi nilai aspek ekspresi budaya masih rendah, yakni 37,14 dari rentang nilai 0 sampai dengan 100. Sebab, media yang menjadi sarana pembelajaran, wadah ekspresi, dan interaksi budaya Indonesia masih terbatas. Sudah saatnya bangsa ini memiliki pustaka keragaman budaya Indonesia yang berkualitas,” ujar Nadiem.

Oleh karena itu, Kemendikbudristek menciptakan media resmi yang menjadi wadah diplomasi budaya secara internasional.

Sejak resmi mengudara pada 3 September 2021 jangkauan penonton Indonesiana TV makin luas dengan sajian konten positif terkait budaya Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News