Nadiem Makarim Klaim UKBI Adaptif Merdeka Bentuk Keberhasilan Pemerintah

Nadiem Makarim Klaim UKBI Adaptif Merdeka Bentuk Keberhasilan Pemerintah
Mendikbud Nadiem Makarim saat meluncurkan UKBI Adaptif Merdeka secara daring. Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbud melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa meluncurkan uji kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, telah banyak dilakukan berbagai inovasi dalam hal pengembangan, pembinaan, dan peningkatan fungsi bahasa Indonesia. 

Hal itu diharapkan bisa bermuara pada layanan yang profesional di bidang kebahasaan dan kesastraan, dalam konteks pembinaan kepada penutur bahasa Indonesia.

“Pengembangan UKBI Adaptif Merdeka merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam pemajuan kebahasaan dan kesastraan melalui lompatan dalam hal desain dan sistem layanan uji,” kata Nadiem saat peluncuran secara virtual, Jumat (29/1). 

Dia berharap, UKBI Adaptif Merdeka bisa memberikan dampak positif kepada penutur bahasa Indonesia dari berbagai kalangan.

Di samping meningkatkan aspirasi dalam memahami dan mempelajari bahasa Indonesia, menghasilkan berbagai karya tulis dan digital berbahasa Indonesia.

Kemudian melibatkan diri dan berpartisipasi aktif dalam membawa bahasa Indonesia ke kancah internasional.

Pada kesempatan sama, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Endang Aminuddin Aziz mengatakan tujuan utama pengembangan UKBI Adaptif adalah untuk memotret kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia lintas performa dengan cepat, tepat, dan efisien.

Nadiem Makarim menyebutkan adanya UKBI Adaptif Merdeka bukti keberhasilan pemerintah dalam pemajuan kebahasaan dan kesastraan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News