Nadiem Pamer Terobosan Merdeka Belajar, Jokowi: Bagus, Mas Menteri

Minggu, 02 Mei 2021 – 18:24 WIB
Nadiem Pamer Terobosan Merdeka Belajar, Jokowi: Bagus, Mas Menteri - JPNN.com
Siniar Presiden Joko Widodo dan Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam rangkaian peringatan Hardiknas 2021. Foto tangkapan layar YouTube Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Ada yang menarik saat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim berdialog dengan Presiden Joko Widodo dalam siniar (podcast) Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021. Ternyata, Jokowi juga memanggil Nadiem dengan sebutan Mas Menteri.

Walaupun dalam siniar tersebut, Nadiem menjadi pemandu tetapi Jokowi juga aktif melontarkan pertanyaan kepada menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu.

Di awal dialog, Menteri Nadiem menanyakan kemajuan dunia pendidikan yang menjadi visi Presiden RI.

“Pendidikan yang berkualitas dan kompetitif untuk semua. Inklusif sampai ke pinggiran, ke pelosok desa, ke pelosok tanah air,” jawab Jokowi.

Kepala negara kemudian balik bertanya kepada Nadiem, apa saja yang telah dilakukan untuk mencapai pendidikan yang berkualitas.

“Banyak terobosan penting Merdeka Belajar yang diluncurkan di masa pandemi,” tanggap Nadiem.

Nadiem menjelaskan soal Merdeka Belajar episode pertama, di mana salah satu dari empat pokok kebijkan yang diubah adalah digantinya Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN).

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, kata Nadiem, akan mengadakan survei karakter, di mana nilai-nilai Pancasila bisa diukur dan kuantifikasi per sekolah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...