Nafsiah Mboi, Detektor Suami Hidung Belang

Nafsiah Mboi, Detektor Suami Hidung Belang
Foto: Dok.JPPhoto
SEKRETARIS Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional Nafsiah Mboi prihatin atas meningkatnya kasus penularan HIV/AIDS di tanah air. Perempuan kelahiran Sengkang, Sulawesi Selatan, 14 Juli 1940, itu mengimbau kalangan ibu rumah tangga waspada dengan aktivitas suami mereka.

Dokter spesialis anak dan peraih master of public health dari Royal Tropical Institute, Antwerpen, Belgia, tersebut menggarisbawahi kata waspada yang dimaksud. Suami yang suka "jajan" alias hidung belang memiliki potensi sangat tinggi menularkan HIV/AIDS kepada istri. Padahal, data Kemenkes menyebutkan bahwa 50 persen di antara 3,1 juta pembeli seks adalah pria beristri.

Istri mantan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Ben Mboi tersebut memiliki saran apa yang harus dilakukan para istri. "Mereka harus menjadi detektor para suami agar terhindar dari ancaman AIDS," kata Nafsiah di Jakarta kemarin (30/11).

Ibu tiga anak itu memberikan tip agar pasangan suami-istri memupuk keterbukaan dan rasa saling percaya. Menurut mantan anggota MPR (1982?1987) tersebut, pasangan yang bisa dipercaya adalah mereka yang memiliki kepribadian matang, sinkron antara ucapan dan perilaku, jujur, kapabel, dan smart.

SEKRETARIS Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional Nafsiah Mboi prihatin atas meningkatnya kasus penularan HIV/AIDS di tanah air. Perempuan kelahiran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News