Nah, Ini Dia Foto dan Riwayat Pemilik Diskotek Pertama di Indonesia

Nah, Ini Dia Foto dan Riwayat Pemilik Diskotek Pertama di Indonesia
Achmad Fahmy Alhady, pemilik Tanamur dikelilingi cewek-cewek saat perayaan 25 tahun Tanamur. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com - DISKOTEK pertama di Indonesia, bahkan di Asia, didirikan oleh anak muda putus sekolah.  

-------
Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network
------- 

Ketika sekolah Teknik Industri di Jerman, Achmad Fahmy Alhady tinggal di apartemen. Di lobi apartemennya, terdapat sebuah klub malam. 

"Saat waktu kosong, Fahmy berkunjung ke klub tersebut," tulis Enrico Yoland, dalam skripsi berjudul Perkembangan Diskotik Tanamur Di Jakarta (1970-2005).

Hendaru Tri Hanggoro, sejarawan yang pernah berjibaku meneliti Tanamur menambahkan, tak hanya ke klub di lobi apartemennya, anak juragan tekstil dari Tanah Abang itu juga suka pelesir ke berbagai klub malam di Eropa. 

Kongsi Saudara

Akhirnya pemuda keturunan Arab itu putus kuliah sekaligus memutuskan mendirikan diskotek di Indonesia. Keluarga Fahmy sempat menentang rencana tersebut. "Maklum, Arab kan identik dengan Islam. Masa iya bikin usaha hiburan malam," tutur Hendaru, sejarawan yang juga berdarah Arab.

Karena hasratnya yang kuat, pendek kisah Fahmy pun berhasil meyakinkan keluarganya. Berbekal modal Rp 20 juta, dia mencetak sejarah; mendirikan diskotek pertama di Jakarta, dan juga pertama di Asia.

DISKOTEK pertama di Indonesia, bahkan di Asia, didirikan oleh anak muda putus sekolah.   ------- Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network ------- 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News