Napas Baru Porsche Carrera GT, Mobil Jalan Raya Bermesin F1

Napas Baru Porsche Carrera GT, Mobil Jalan Raya Bermesin F1
Hasil restorasi Porsche Carrera GT. Foto: Porsche Classic

jpnn.com - Seorang kolektor meminta pihak Porsche untuk menghidupkan kembali sang legenda jalan raya Carrera GT. Mobil kencang yang mendapatkan suntikan mesin bertenaga pada masanya.

Langkah tersebut sangat tepat, karena tidak ada yang bisa membangkitkan Carrera GT kecuali Porsche itu sendiri.

Apa yang membuatnya menarik? Jawabannya ada di balik bonnet. Mesin V10 yang menghasilkan tenaga puncak 609 Hp ternyata tidak sembarang diciptakan oleh pabrikan bermarkas di Leipzeg, Jerman.

BACA JUGA: Porsche Panamera GTS Terbaru Ngacir!

Jejak Porsche Carrera GT bermula dari mobil balap 911 GT1 dan LMP1-98. Dikembangkan sebagai generasi penerus, Porsche sangat serius menelurkan mobil balap paling bertenaga lewat proyek mesin V10.

Di mana, mesin V10 itu diracing sangat rahasia dan awalnya diperuntukkan untuk tim Formula Satu Footwork pada 1992, tapi kemudian ditangguhkan. Lantas mesin kemudian direncanakan untuk mobil balap Le Mans dan kapasitasnya meningkat menjadi 5,7-liter.

Napas Baru Porsche Carrera GT, Mobil Jalan Raya Bermesin F1
Porsche Carrera GT

Sekelumit masalah internal dengan Volkswagen dan Audi membuat proyek sempat mangkrak, namun Porsche ingin proyek ini tetap hidup. Usaha itu pun berbuah hasil. Mesin F1 itu akhirnya ditanamkan ke mobil jalan raya yang memikat pengunjung Paris Motor Show 2000. Dan lahirlah Carrera GT.

Seorang kolektor meminta pihak Porsche untuk menghidupkan kembali sang legenda jalan raya Carrera GT. Mobil kencang yang mendapatkan suntikan mesin bertenaga pada masanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News