NasDem: Budi Gunawan Layak Jadi Wakapolri

NasDem: Budi Gunawan Layak Jadi Wakapolri
Komjen Budi Gunawan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengajuan nama Komisaris Jenderal Badrodin Haiti (BH) menjadi Kapolri hampir final usai penjelasan Presiden Joko Widodo ke DPR, Senin (6/4) kemarin.

Sepuluh fraksi sepakat memuluskan Wakapolri itu menjadi pucuk pimpinan Korps Bhayangkara. Bagaimana dengan Komjen Budi Gunawan (BG) yang batal dilantik meski telah disetujui DPR?

Anggota Fraksi Partai Nasional Demokrat di Komisi III DPR, Patrice Rio Capella saat dihubungi Selasa (7/4) pagi, mengatakan DPR memang fokus kepada BH sebagai Kapolri dan diharapkan prosesnya bisa tuntas pekan depan.

Nah, untuk posisi Wakapolri, partai pimpinan Surya Paloh ini tetap mendorong Komjen BG menduduki posisi tersebut. Bagaimanapun menurut Rio, posisi Wakapolri harus segera diisi dan BG layak menempatinya.

"Kita harapkan posisi Wakapolri juga segera diisi, persoalannya kan siapa calon wakapolrinya. Nah BG kan pernah dilakukan fit and proper test sebagai kapolri. Secara kompetensi dia layak. Jadi Kapolri saja dia layak apalagi Wakapolri," ujar Rio.

Sekjen DPP Partai NasDem ini tidak mengesampingkan bahwa BG memang pernah menghadapi masalah hukum di KPK, namun kasus itu akhirnya diselesaikan prapreadilan yang dimenangkan BG. Di sisi lain, Rio melihat BG sudah legowo tak dilantik jadi kapolri.

"Dia ada masalah, tapi dimenangkan di praperadilan. Kita melihat kalau BG sudah legowo dia terima proses ini. Kalau Pak BG kemudian diusulkan sebagai wakapolri suasana akan jadi lebih baik di kalangan internal polri," jelasnya.

Rio meyakini bila BG menduduki posisi wakapolri, bukan hanya fraksi-fraksi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang sepakat tapi juga mayoritas fraksi di DPR. (fat/jpnn)


JAKARTA - Pengajuan nama Komisaris Jenderal Badrodin Haiti (BH) menjadi Kapolri hampir final usai penjelasan Presiden Joko Widodo ke DPR, Senin (6/4)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News