Nasibmu PDS HB Jassin..Dana Disetop, Buku pun Berjamur

Nasibmu PDS HB Jassin..Dana Disetop, Buku pun Berjamur
Suasana di PDS H.B. Jassin. Foto: Tri Mujoko Bayuaji/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Perpustakaan sastra yang katanya terlengkap se-Indonesia itu dalam kondisi memprihatinkan. Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) H.B. Jassin, di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, mungkin bisa dibilang tak istimewa lagi, mulai pudar.

Tri Mujoko Bayuaji-Masria Pane, Jawa Pos

Suasana sejuk memang masi terasa saat masuk di ruang tamu, yang sekaligus ruang baca PDS H.B Jassin. Masih bersih. Jawa Pos adalah pengunjung pertama yang mengisi buku tamu hari itu (Senin, 6/2).

Namun, begitu berada di ruang koleksi, kondisinya sangat berbeda. Tidak sejuk lagi. Bahkan cenderung gerah. Maklum, di ruangan paling vital tersebut, tidak ada lagi embusan angin AC. Ribuan koleksi buku lama, kliping koran, resensi biografi, maupun catatan tangan penulis masih tersimpan rapi sesuai abjad. Sayang, ada sejumlah buku yang mulai berjamur dan berdebu.

”AC mati sudah sejak tahun lalu. Kami sudah panggil tukang servis, tapi dia bilang sudah tidak ada komponennya, sudah kuno,” kata Agung Trianggono, penanggung jawab pengolahan data PDS H.B. Jassin, saat ditemui Jawa Pos hari itu.

Agung yang telah mengabdi di PDS H.B. Jassin sejak 1992 menjelaskan, AC yang digunakan di PDS H.B. Jassin adalah AC sentral. Setiap ruangan memiliki mesin kompresor sendiri. Masalahnya, kompresor untuk AC ruang koleksi sekarang mati.

Akibatnya, jika ramai, pengunjung pasti kepanasan. ”Kalau pas ada kunjungan rombongan, kasihan. Ruangan menjadi gerah dan bau,” ungkap pria 50 tahun itu.

Koleksi PDS H.B. Jassin sangat lengkap dan banyak. Total mendekati angka 200 ribu judul. Data terakhir meliputi 21.300 judul buku fiksi, 17.700 nonfiksi, 475 judul buku referensi, 875 judul naskah/buku drama, 870 judul buku biografi, 130.534 judul kliping, 690 judul foto pengarang, 789 judul skripsi dan disertasi, 742 judul rekaman suara, serta 25 judul video kaset rekaman. PDS juga memiliki naskah asli tulisan tangan sastrawan lama seperti Chairil Anwar dan Amir Hamzah.

Perpustakaan sastra yang katanya terlengkap se-Indonesia itu dalam kondisi memprihatinkan. Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) H.B. Jassin, di kompleks

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News