Nataru, Trafik Sepeda Motor Naik Signifikan

Nataru, Trafik Sepeda Motor Naik Signifikan
Pengendara sepeda motor memadati Pelabuhan Bakauheni. Foto dok humas ASDP

jpnn.com, BAKAUHENI - PT ASDP Indonesia Ferry mencatat trafik sepeda motor mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2018 bila dibandingkan tren tahun lalu, khususnya di lintasan Merak-Bakauheni.

Berdasarkan data Posko Bakauheni dari H-7 hingga H+4 atau Jumat (29/12) total kendaraan seluruhnya yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa mencapai 72.451 unit atau naik 2,8 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 70.446 unit.

"Jumlah kendaraan roda dua yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa selama Nataru ini tercatat sebanyak 10.240 unit atau naik 20,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 8.497 unit. Dibandingkan jenis kendaraan lainnya, kenaikan ini relatif tinggi," ujar GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Anton Murdianto.

Namun, meski trafik sepeda motor alami kenaikan, PT ASDP telah mengantisipasi penambahan layanan loket dari jumlah eksisting untuk meminimalisir antrian. Khusus untuk roda dua dari jumlah eksisting 2 loket ditambah menjadi 8 loket.

"Bahkan untuk sepeda motor dan roda empat jika sangat padat masing-masing ditambah menjadi 12 loket. Dan untuk pengangkutan kapal, kami pastikan kapasitas terpasang lintasan Bakauheni-Merak sangat memadai dengan armada yang beroperasi selama Nataru ini sebanyak 32 unit kapal. Jika situasi sangat padat, skenario penggunaan armada berukuran besar dilakukan," jelasnya.

Selanjutnya, trafik kendaraan dari Bakauheni pada H+3 atau Kamis (28/12) hingga Jumat (29/12) selama 24 jam mencapai total 9.438 unit, yang dikontribusikan dari sepeda motor sebanyak 1.537 unit, kendaraan kecil penumpang sebanyak 4.149 unit, dan jumlah kendaraan roda empat/lebih mencapai 7.901 unit.(chi/jpnn)


Meski trafik sepeda motor alami kenaikan, PT ASDP telah mengantisipasi penambahan layanan loket dari jumlah eksisting untuk meminimalisir antrian.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News