Negara-Negara Korban Skors FIFA

Intervensi Pemerintah Mendominasi

Negara-Negara Korban Skors FIFA
Negara-Negara Korban Skors FIFA
FIFA termasuk organisasi olahraga superpower. Otoritas sepak bola dunia itu memiliki independensi yang tidak bisa ditentang pihak manapun. Sedikit saja mengusik, sanksi ganjarannya.

Prancis malu besar dalam Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan (Afsel). Les Bleus -sebutan timnas Prancis- finish sebagai juru kunci di grup A setelah mencatat sekali seri dan dua kali kalah. Tidak hanya itu, striker Nicolas Anelka dipulangkan setelah laga kedua karena bertengkar dengan pelatih Raymond Domenech.

Efeknya, jelang laga terakhir grup melawan Afsel, para pemain yang dimotori kapten tim Patrice Evra menggelar aksi boikot latihan sebagai bentuk solidaritas kepada Anelka. Raihan jeblok yang dibumbui aksi boikot pemain tak pelak memicu reaksi di Negeri Anggur itu.

Kepulangan Evra dkk disambut dengan permintaan Menteri Olahraga Roselyne Bachelot agar FIFA mencekal Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) untuk sementara waktu. Bachelot mengungkapkannya karena ingin mereformasi kepengurusan FFF sekaligus menyelidiki kasus boikot pemain.

FIFA termasuk organisasi olahraga superpower. Otoritas sepak bola dunia itu memiliki independensi yang tidak bisa ditentang pihak manapun. Sedikit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News