Nelayan Filipina Curi Ikan Manado

Nelayan Filipina Curi Ikan Manado
Nelayan Filipina Curi Ikan Manado
MANADO- Kepala Dinas Perikanan Manado, Wilson Berhimpon menyebutkan bahwa perairan Manado menjadi sasaran pencurian ikan oleh nelayan luar, termasuk nelayan asal Filipina. Ironisnya, aparat tidak bisa berbuat banyak lantaran kalah teknologi dan tidak memiliki biaya operasional untuk melakukan penindakan terhadap para pelaku illegal fishing tersebut.

"Wilayah laut yang menjadi sentra perikanan seperti Manado Tua dan Bunaken daerahnya sangat besar. Potensi perikanannya juga snagat besar, sehingga menjadi sasaran pencurian," kata Wilson Berhimpon.

Ditambahkan, pencurian itu terus berlangsung karena armada dan teknologi yang dimiliki sudah ketinggalan. Kondisi itu diperparah lagi dengan biaya operasional tidak memenuhi standar. "Pencurian ini terjadi karena pengawasan sangat kurang sebab perlengkapan armada kita ketinggalan dibandingkan dengan yang mereka miliki," ujarnya.

Sementara itu para nelayan di kelurahan Tumumpa mulai mengeluh, karena kondisi perairan kota Manado sudah tidak aman lagi. Ini diduga disebabkan jumlah pencuri ikan dari Filipina yang mulai berdatangan masuk ke wilayah perairan Manado. "Ikan diperairan Manado Tua sudah habis diambil para nelayan Filipina," ujar Jefrry, nelayan asal Tumumpa. (old/fuz/jpnn)

MANADO- Kepala Dinas Perikanan Manado, Wilson Berhimpon menyebutkan bahwa perairan Manado menjadi sasaran pencurian ikan oleh nelayan luar, termasuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News