Neraca Dagang Negatif, Hatta Tetap Optimis

Neraca Dagang Negatif, Hatta Tetap Optimis
Neraca Dagang Negatif, Hatta Tetap Optimis
JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja perdagangan internasional Indonesia pada bulan April lalu negatif. Namun Menteri Koordinator bidang ekonomi, Hatta Radjasa, mengaku tetap optimis bahwa kondisi tersebut tidak berpengaruh besar terhadap target pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Melihatnya jangan konteks sepotong-sepotong. Karena ada kenaikan impor barang modal, itu menunjukkan peningkatan produktifitas. Walaupun masih ada mismatch (ketidakseimbangan), tidak serta merta produktifitasnya langsung turun. Yang penting bagaimana mengamankan pasar kita," kata Hatta kepada wartawan, Kamis (3/6).

Dijelaskannya, sebagian besar dari arus barang modal di Indonesia untuk meningkatkan produktifitas. Sektor manufaktur tetap menunjukkan pertumbuhanm termasuk juga ekspor yang masih surplus.

"Kitakan mengalami kenaikan volume dengan balance payment-nya tetap positif pada neraca kita. Jadi kalau kita melihatnya pada kuartal tertentu, sepertinya memang ada lonjakan impor pada barang modal. Yang terpenting kita cegah adalah jangan sampai dalam konteks free trade itu, mematikan industri kita," jelas Hatta.

JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja perdagangan internasional Indonesia pada bulan April lalu negatif. Namun Menteri Koordinator

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News