Neso Luncurkan Beasiswa Belajar ke Belanda Tahun 2015

Neso Luncurkan Beasiswa Belajar ke Belanda Tahun 2015
Neso Luncurkan Beasiswa Belajar ke Belanda Tahun 2015. Foto: Arwan Mannaungeng/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Nuffic Neso Indonesia meluncurkan program beasiswa Studeren in Nederlands (StuNed) 2015. Peluncuran beasiswa ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia melanjutkan studi ke jenjang master atau mengikuti kursus singkat di perguruan tinggi Belanda.

"Beasiswa StuNed terbuka untuk umum dan perhatian khusus diberikan kepada pelamar berprestasi dan memiliki keterkaitan dengan area prioritas kerjasama bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia," kata Koordinator Tim Beasiswa StuNed, Indy Hardono di Jakarta, Jumat (10/10).

Indy menjelaskan program beasiswa StuNed 2015 diberikan kepada pelamar yang memiliki prestasi akademis, prospek karir, organisasi dan prestasi lainnya serta relevansi dengan area prioritas kerjasama kedua negara. "Misalnya pernah menjadi ketua Senat, itu punya poin tersendiri," katanya.

Area prioritas yang dimaksud Indy adalah 5 bidang prioritas StuNed. Masing-masing; pengelolaan air, ketahanan pangan, sektor ekonomi, sektor yudisial, dan hak asasi manusia. Sejak tahun 2000, StuNed memberikan rata-rata 250 beasiswa penuh per tahunnya.

Meski secara umum beasiswa StuNed ditujukan bagi professional madya dengan pengalaman bekerja minimal 2 tahun, namun para fresh graduate yang memiliki prestasi unggul tetap diminta untuk mengirimkan aplikasinya. Indy mengatakan pihaknya akan memberikan penilaian sendiri atas kriteria untuk memutuskan penerimaan beasiswa tersebut.

Untuk mendaftar beasiswa StuNed, pelamar harus memiliki Surat Penerimaan (letter of admission)  dari universitas/perguruan tinggi di Belanda. Calon pelamar disarankan untuk segera mendaftar ke universitas yang dituju di Belanda.

Pendaftarannya sendiri sudah bisa dilakukan saat ini dengan batas waktu pendaftaran beasiswa StuNed tanggal 15 Maret 2015 untuk program Master dan 1 Maret 2015 untuk program Kursus Singkat. Tahun 2015, StuNed akan menyiapkan 125 beasiswa untuk dua program yang dimaksud.

Sekadar diketahui, Neso Indonesia adalah perwakilan Nuffic, organisasi Belanda yang menangani kerja sama internasional di bidang pendidikan tinggi. Neso Indonesia menyediakan informasi serta memberikan konsultasi secara cuma-cuma mengenai lebih dari 2.100 program studi yang diberikan dalam bahasa Inggris. (awa/jpnn)


JAKARTA - Nuffic Neso Indonesia meluncurkan program beasiswa Studeren in Nederlands (StuNed) 2015. Peluncuran beasiswa ini untuk memberikan kesempatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News