JPNN.com

New Normal ala Australia, Negara Lain Belum Tentu Bisa

Jumat, 29 Mei 2020 – 22:57 WIB New Normal ala Australia, Negara Lain Belum Tentu Bisa - JPNN.com
Australia masih akan mengatur jarak aman antara individu baik di restoran, pusat perbelanjaan, bioskop, bahkan saat menerima tamu di rumah. (ABC News: James Carmody)

Artikel ini diproduksi oleh ABC Indonesia.

Kondisi 'new normal' sedang banyak dibicarakan di hampir semua negara, termasuk di Australia dan Indonesia. ABC Indonesia membahasnya dalam diskusi online yang menampilkan para produser dan jurnalisnya.

'New Normal' adalah sebuah keadaan dimana tiap-tiap individu beradaptasi dengan kondisi sosial di saat aturan pembatasan sosial diberlakukan.

Di Australia, aktivitas warga tidak langsung menjadi normal seperti sebelum pandemi virus corona, meski pembatasan aktivitas warganya sudah dilonggarkan.

Pelonggaran dilakukan dengan cara bertahap dan masing-masing negara bagian memiliki kebijakannya sendiri dalam menerapkannya.

Tiga tahapan pelonggaran di Australia

New Normal ala Australia, Negara Lain Belum Tentu Bisa
Pelonggaran aturan pembatasan pergerakan aktivitas di Australia akan dilakukan secara bertahap.

 

Tetap mengacu pada 'social distancing'

Dalam acara 'Ngobrol Bareng Soal Virus Corona Dari Australia' yang disiarkan di Facebook ABC Indonesia, Sastra Wijaya mengatakan sebenarnya tidak banyak perbedaan dari tiap-tiap negara bagian dalam melonggarkan aktivitas warga.

Ia mengatakan Pemerintah Pusat Australia yang bermarkas di ibukota Canberra telah menyerahkan ke tiap-tiap negara bagian untuk melonggarkan aturan yang selama ini membatasi aktivitas warga, dengan tujuan perekonomian bisa bangkit kembali.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
1