NFA Bersama Kemenhub & Kemendag Kirim Beras Lewat Tol Laut dari Patimban ke Aceh

NFA Bersama Kemenhub & Kemendag Kirim Beras Lewat Tol Laut dari Patimban ke Aceh
Pengiriman beras ke Provinsi Aceh melalui Pelabuhan Patimban. Foto: NFA

jpnn.com, SUBANG - Menjaga ketersediaan dan stabilisasi pangan di daerah terluar, Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) menjalin kerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Pemprov Jawa Barat, dan Perum Bulog melakukan pengiriman beras ke Provinsi Aceh melalui Pelabuhan Patimban.

Dalam pengiriman tahap pertama tersebut diberangkatkan sepuluh kontainer dengan muatan 200 ton beras.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan pada pengiriman tahap pertama tersebut sebanyak 200 ton beras akan dikirim ke Malahayati dan Lhoksumawe, Provinsi Aceh.

“Hari ini kita sudah mulai untuk pengiriman barang pokok dan penting beras. Pada tahap selanjutnya, akan dikirimkan sebanyak 40 kontainer lagi. Aktivitas pengiriman pangan ini akan terus dilakukan secara rutin guna menjaga ketersediaan dan stabilitas pangan di seluruh Indonesia, khususnya di daerah-daerah perbatasan dan terluar,” ujarnya seusai pelepasan muatan pangan, di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Selasa (18/10).

Arief mengatakan beras yang dikirimkan tersebut merupakan bagian dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Bulog yang dipenuhi dari gudang Bulog Cabang Cirebon dan Gudang Bulog Cabang Indramayu, masing-masing sebanyak 100 ton.

“Hal ini merupakan bagian dari optimalisasi dan pemanfaatan CBP, di mana tujuan pemanfaatan CBP diantaranya untuk stabilisasi harga antar waktu antarwilayah, menekan inflasi, dan menjaga kualitas gizi masyarakat,” terangnya.

Kegiatan pengiriman pangan pertama di Pelabuhan Patimban ini, menurut Arief, merupakan hasil kerja sama antara NFA, Kemenhub, Kemendag, Pemprov Jawa Barat, Bulog, Otoritas Pelabuhan Internasional Patimban, serta stakeholder pangan lainnya.

Menurutnya, ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk memastikan efektifitas dan efisiensi pendistribusian pangan guna menurunkan inflasi nasional.

Pengiriman beras yang dilakukan NFA bersama Kemenhub & Kemendag lewat tol laut dari Patimban ke Aceh merupakan perdana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News