Ngirit, Tol Citas Tidak Masuk Kota Tasik

Ngirit, Tol Citas Tidak Masuk Kota Tasik
Ngirit, Tol Citas Tidak Masuk Kota Tasik

jpnn.com - TASIK – Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya (Citas) tidak akan sampai ke wilayah Kota Tasikmalaya. Pemerintah Provinsi Jabar memilih jalur terpendek untuk efektivitas anggaran.

“Pemerintah Provinsi (Jabar) sudah mengajukan beberapa opsi untuk Jalan Tol (Citas). Kemungkinan besar akan mengambil alternatif jalur terpendek untuk efektivitas anggaran. Ternyata jalur tersebut tidak masuk ke wilayah Kota Tasikmalaya,” ujar Kepala Dinas Bina Marga, Pengairan dan Energi Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan saat ditemui Radar Tasikmalaya (Grup JPNN) di Gedung Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) kemarin (11/6).

Namun, tuturnya, karena Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman sudah bertemu langsung dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pemkot Tasikmalaya mengajukan pembuatan jalan dari Cihaurbeuti ke Indihiang.

“Kita akan ajukan itu kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk dimasukkan kepada master plan tol. Kita sudah MoU dengan Kabupaten (Tasikmalaya, Red) untuk membuat akses jalan tersebut,” papar mantan Kabag Pembangunan Setda Kota Tasikmalaya itu.

Menurutnya, pembangunan Jalan Cihaurbeuti-Indihiang cukup baik untuk optimalisasi Tol Citas. “Akses ke Kota Tasikmalaya relatif lebih baik. Nantinya exit tol itu di Rajapolah sebelah kanan, untuk jalur keluar tol,” bebernya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Ivan, akan ada pembangunan pertukaran jalan terlebih dahulu. “Seperti yang sudah diketauhi, nantinya jalur nasional adalah dari Indihiang ke Karangresik,” ujarnya.

Sebelumnya, diberitakan Radar (11/6) Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Denny Romdhony mengaku sangat mendukung pembangunan Tol Citas. “Kita teramat sangat mendukung program tersebut dan akan mendorong, bahkan siap bila diminta bantuan untuk merealisasikannya. Namun harus dipastikan bahwa tol tersebut sampai ke Kota Tasikmalaya, tidak hanya sampai Kabupaten (Tasik),” ujarnya ditemui di ruang kerjanya Rabu (10/6).

“Jangan sampai kita (Kota Tasik) hanya dijadikan pemandangan saja, bukan persinggahan,” tambahnya.

TASIK – Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya (Citas) tidak akan sampai ke wilayah Kota Tasikmalaya. Pemerintah Provinsi Jabar memilih jalur terpendek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News