Ngopi Bersama 1.000 Purnawirawan TNI-Polri, Ganjar Dapat Masukan Soal Strategi Hankam

Ngopi Bersama 1.000 Purnawirawan TNI-Polri, Ganjar Dapat Masukan Soal Strategi Hankam
Calon presiden (capres) 2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo 'ngopi' (ngobrol pagi) bersama ribuan Purnawirawan TNI-Polri yang tergabung dalam Relawan Gapura Nusantara (RGN) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Minggu (30/7/2023). Foto: Dok Relawan RGN

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden (capres) 2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo 'ngopi' (ngobrol pagi) bersama ribuan Purnawirawan TNI-Polri yang tergabung dalam Relawan Gapura Nusantara (RGN).

Acara yang diadakan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Minggu (30/7/2023), tersebut bertujuan untuk menggali serta meminta masukan dan arahan kepada tokoh bangsa dari senior TNI-Polri terkait strategi pertahanan dan keamanan (hankam).

Karena terbatasnya ruangan, maka acara tersebut “hanya” dihadiri sekitar seribu purnawirawan TNI-Polri, sebagian besar perwira tinggi, di antaranya mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh yang juga pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina RGN, dan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna, serta tiga mantan Kapolri, yakni Jenderal (Purn) Suroyo Bimantoro, Jenderal (Purn) Roesmanhadi, dan Jenderal (Purn) Da’i Bachtiar.

Jenderal bintang 4 ada 6 orang, sisanya bintang 3, bintang 2 dan bintang 1 serta perwakilan perwira menengah dari tiga matra, yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU, serta Polri.

Adapun tujuan dari ngopi bareng tersebut, kata Ketua Dewan Pembina RGN Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh ialah capres Ganjar Pranowo ingin menggali serta minta masukan dan arahan dari para tokoh bangsa, khususnya senior-senior TNI-Polri terkait strategi pertahanan dan keamanan negara yang sesuai dengan tantangan situasi geopolitik dan geostrategi dunia saat ini dan di masa yang akan datang.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga berharap masukan terkait masalah kebangsaan dan kenegaraan.

Masukan TNI

Menurut Ketua Umum RGN Laksdya TNI (Purn) Agus Setiadji, sebagian besar dari mereka yang hadir pernah menjabat di komando utama dan pejabat utama institusi TNI-Polri maupun kementerian terkait.

Calon presiden (capres) 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo 'ngopi' (ngobrol pagi) bersama ribuan Purnawirawan TNI-Polri yang tergabung dalam Relawan Gapura Nusantara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News