Nih, E-KTP Sudah Jadi, Buruan Ambil

Nih, E-KTP Sudah Jadi, Buruan Ambil
Inilah sebagian Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang masih berada di kantor Disdukcapil Palu hingga Senin (19/12), yang belum diambil pemiliknya. Foto: MUGNI SUPARDI/RADAR SULTENG/JPNN.com

jpnn.com - PALU – Seribu lebih fisik Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) warga Kota Palu yang sudah jadi, masih menumpuk di kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang berada di Jalan Balaikota Selatan.

Ribuan e-KTP tersebut hingga kemarin (19/12) masih tersusun rapi dalam dua buah kardus. E-KTP itu sudah selesai dicetak sejak tahun 2015.

Kepala Disdukcapil Kota Palu, Burhan Toampo mengatakan, pihaknya sudah lama mengirim data berupa nama dan alamat pemilik e-KTP ke pihak kelurahan. Dinas juga mengirim pemberitahuan ke kelurahan. Kemudian nanti pihak kelurahan menyampaikan ke warganya untuk segera datang ke Disdukcapil mengambil e-KTP.

“Yang bersangkutan langsung datang ke kantor untuk mengambil. Tidak bisa diwakili oleh siapa pun. Kalau diwakili kami tidak kasih. Karena e-KTP ini sekaligus akan diaktifkan oleh si pemiliknya langsung. Kami takut hilang kalau langsung dikirim ke kelurahan e-KTPnya,” jelas Burhan Toampo kepada Radar Sulteng (Jawa Pos Group) di sela-sela kesibukannya di kantor kemarin.  

Pengaktifan langsung oleh si pemilik, kata kadis, bertujuan mengantisipasi penyalahgunaan e-KTP yang dikantongi oleh yang bersangkutan.

Sebab, model kejahatan saat ini sangat marak, termasuk menggunakan modus dokumen kependudukan ganda. Untuk itulah Disdukcapil memilih sangat hati-hati dan tidak gegabah.  

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Palu, Ketut Simon menambahkan, ribuan lebih keping e-KTP tersebut hampir seluruhnya adalah milik warga yang tersebar di 8 kecamatan dan 45 kelurahan yang ada di Kota Palu.

“Sebelumnya ada tiga ribuan lebih. Tapi sekarang tersisa tinggal seribuan. Kami berharap masyarakat bisa peduli dengan hal ini. Karena yang dikhawatirkan kalau tidak diambil-ambil, akan kewalahan kalau sudah membutuhkan kartu ini. Jangan nanti mendesak baru ke sini datang ambil e-KTP-nya,” imbau Ketut.

PALU – Seribu lebih fisik Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) warga Kota Palu yang sudah jadi, masih menumpuk di kantor Dinas Pendudukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News