Nih, Nama-nama Beken Dinilai Layak jadi Cawapres Pendamping Jokowi

Nih, Nama-nama Beken Dinilai Layak jadi Cawapres Pendamping Jokowi
Presiden Joko Widodo. Foto: Jawa Pos Group/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah pengamat politik menilai, Pilpres 2019 akan kembali menjadi ajang pertarungan petahana Joko Widodo melawan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Siapa yang bakal mendampingi Prabowo dan Joko Widodo untuk maju di kontestasi pilpres masih belum terjawab.

Hanya saja, sejumlah nama sudah disebut-sebut layak menjadi pendamping Prabowo. Misalnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Muhammad Zainul Majdi, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Presiden PKS Sohibul Iman, mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan lainnya.

Lalu bagaimana dengan Jokowi? Pengamat politik Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, Muradi mengatakan, Presiden Jokowi saat ini masih tetap fokus menyelesaikan programnya.

Namun memang sedari awal Jokowi juga merasa penting untuk tetap memposisikan diri kompetitif, mempertahankan pengaruh politiknya.

Sudah tentu, dia juga akan memilih sosok calon pendamping di Pilpres 2019, yang sekiranya mampu meningkatkan elektabilitasnya.

Setidaknya, kata Muradi, Jokowi bisa memilih cawapres dari empat kelompok.

Yakni, dari anggota kabinetnya sendiri. Hal ini akan mirip dengan saat Susilo Bambang Yudhoyono mengambil Boediono sebagai calon wakil presiden mendampinginya pada 2009 lalu.

Sejumlah pengamat politik menilai, Pilpres 2019 akan kembali menjadi ajang pertarungan petahana Joko Widodo melawan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News