Nobel Perdamaian Milik Juru Damai Aceh

Nobel Perdamaian Milik Juru Damai Aceh
Foto : AP
OSLO - Tokoh mediator perdamaian Aceh Martti Ahtisaari dinobatkan sebagai pemenang Nobel Perdamaian kemarin. Panitia Nobel Norwegia memberikan penghargaan prestisius itu atas berbagai upaya pentingnya untuk mendamaikan konflik internasional selama tiga dekade terakhir.

Ahtisaari terpilih setelah menyisihkan 197 kandidat dari seluruh dunia, terbanyak sejak 2005. Sebagai pemenang, dia berhak atas hadiah uang USD 1,4 juta. "Apa yang dia (Ahtisaari) lakukan berkontribusi terhadap perdamaian dunia dan membentuk persaudaraan di antara bangsa-bangsa dalam semangat Alfred Nobel,'' kata panita penghargaan Nobel dalam pernyataan resminya.

Presiden Finlandia masa jabatan 1994-2000 itu memang berjasa besar memediatori berbagai perundingan damai di banyak pelosok dunia. Dari Namibia di bagian selatan Afrika sampai Kosovo di wilayah Balkan, Eropa.

Indonesia juga turut merasakan karya Ahtisaari. Dialah yang menjadi "wasit" perundingan perdamaian antara Pemerintah Indonesia dan kelompok pemberontak Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 2005 di Helsinki, ibu kota Finlandia. Perundingan itu akhirnya berujung kesepakatan damai kedua belah pihak setelah berkonflik selama 30 tahun. Terakhir dia memimpin perundingan antara Serbia dan Albania di Kosovo sebagai duta PBB.

OSLO - Tokoh mediator perdamaian Aceh Martti Ahtisaari dinobatkan sebagai pemenang Nobel Perdamaian kemarin. Panitia Nobel Norwegia memberikan penghargaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News