Nono Sampono: Bayangkan Kalau Kita Tidak Memiliki Pancasila

Nono Sampono: Bayangkan Kalau Kita Tidak Memiliki Pancasila
Wakil Ketua I DPD Letjen Mar (Purn) Nono Sampono saat rapat koordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) TNI, Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN), di Papua, Rabu (22/7). Foto: Humas DPD

jpnn.com, PAPUA - Wakil Ketua I DPD Letjen Mar (Purn) Nono Sampono menyatakan Pancasila merupakan way of life bangsa Indonesia, saat rapat koordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) TNI, Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN), di Papua, Rabu (22/7).

Karena itu, kata Nono, segala tingkah laku dan tindak tanduk para pemimpin serta seluruh rakyat Indonesia harus mencerminkan semua sila yang ada di dalam Pancasila.

"Kita harus terus mengingat dasar negara Pancasila yang merupakan landasan cita-cita perjuangan Bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila harus diterapkan untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa," ujar Nono.

Mantan Komandan Paspampres itu menegaskan keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan.

Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang.

"Kita, Indonesia, hidup dan bahagia dalam keberagaman," ungkap Nono.

Senator dari Maluku, itu menambahkan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila," jelas Nono.

Wakil Ketua DPD Nono Sampono menyatakan Pancasila merupakan way of life bangsa Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News