Novanto Besok Divonis, KPK Berancang-ancang Bidik Pihak Lain

Novanto Besok Divonis, KPK Berancang-ancang Bidik Pihak Lain
Agus Rahardjo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Setya Novanto yang kini menjadi terdakwa perkara korupsi e-KTP akan menghadapi sidang dengan agenda pembacaan vonis, besok (24/4). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun mengharapkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta mengabulkan tuntutan hukuman 16 tahun penjara bagi mantan ketua DPR itu.

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, pihaknya sangat yakin bahwa tuntutan 16 tahun penjara untuk Novanto bakal dikabulkan majelis hakim. “Ya dihukum yang proporsional,” kata Agus di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/4).
               
Agus juga menegaskan bahwa KPK tidak sepakat jika Novanto mendapatkan status justice collaborator. Karena itu, KPK juga meminta hakim menolak usaha Novanto mendapatkan JC.

“Jadi kan terungkap di pengadilan mengenai kesalahan-kesalahan beliau (Novanto, red),” ujarnya.

Apakah KPK akan segera menggunakan vonis atas Novanto untuk menjerat anggota DPR lainnya yang terseret kasus e-KTP? Agus menegaskan, KPK selalu mengikuti proses hukum berdasarkan fakta yang terungkap di pengadilan dan  hasil penyelidikan yang ditindaklanjuti dengan penyidikan dan penuntutan.

“Kalau kemudian ada yang harus ditindaklanjuti, ya ditindaklajuti,”  kata Agus.

Menurut Agus, perkara e-KTP ini tidak hanya melibatkan klaster DPR. Melainkan juga untuk membidik klaster pemerintah dan pengusaha.

“Kalau ada cluster DPR ya nanti kami dalami apakah memang ada yang perlu ditindaklanjuti,” katanya.(boy/jpnn)


KPK mengharapkan Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman 16 tahun penjara untuk Setya Novanto sesuai tuntutan jaksa penuntut umum.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News