Novanto: Mahasiswa Penjaga Kebhinekaan

Novanto: Mahasiswa Penjaga Kebhinekaan
Ketum Golkar Setya Novanto bersama civitas akademika IAIN Palu. Foto: Ist

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto memberikan ceramah kebangsaan di hadapan civitas akademika IAIN Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (7/1).

Dalam pemaparannya, Novanto menjelaskan bahwa kebhinekaan adalah kodrat bagi bangsa Indonesia yang majemuk. Sebab, nilai-nilai kebangsaan harus dipertahankan dalam situasi apapun, apalagi menghadapi tantangan global.

"Dengan iklim demokrasi yang memberikan kebebasan kini mulai tumbuh semangat kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan bahkan juga semangat keagamaan yang menafikkan nilai-nilai kemuliaan dan kedamaian. Masyarakat mudah tersulut melakukan kerusuhan akibat perbedaan pilihan politik, sentimen kesukuan dan keagamaan," kata dia.

Menurut Novanto, untuk menumbuhkan semangat kebangsaan perlu dilakukan pendidikan politik, khususnya di kalangan kaum muda.

"Mahasiswa sebagai kelompok terpelajar mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebhinekaan dan kemajemukan," terang dia.

Novanto menjelaskan, dengan kesadaran politik yang dimiliki, mahasiswa dituntut menjadi perekat persatuan dan kesatuan. Tradisi kepeloporan kaum muda dalam setiap babak perjuangan bangsa perlu dilanjutkan dalam situasi kekinian.

Kehadiran Novanto yang juga Ketua DPR sudah dielu-elukan oleh mahasiswa dan civitas akademika IAIN Palu untuk memberikan pencerahan mengenai situasi nasional.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Palu Prof. Dr. Zainal Abidin, M.Ag dengan antusias menaruh harapan agar kehadiran Novanto sebagai Ketua DPR dapat membawa berkah bagi kemajuan institut. Dia berharap, Novanto mendukung upaya IAIN Palu untuk dinaikkan statusnya menjadi Universitas.

 Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto memberikan ceramah kebangsaan di hadapan civitas akademika IAIN Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (7/1).

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News