Novanto: Saya Indonesia, Saya Pancasila!

Novanto: Saya Indonesia, Saya Pancasila!
Ketua DPR Setya Novanto. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto mengucapkan selamat hari lahir Pancasila 1 Juni 2017.

Bangsa Indonesia untuk pertama kalinya memperingati 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila.

Pancasila merupakan kristalisasi dari keragaman nilai-nilai budaya, adat-istiadat, suku, etnis, golongan, agama dan kepercayaan yang dianut bangsa Indonesia.

"Pancasila merupakan ideologi, dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang harus dihayati dan diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Novanto, Rabu (31/5).

Bangsa Indonesia, lanjut Novanto, sekarang menghadapi tantangan dan ancaman dengan munculnya paham, ajaran dan gerakan yang ingin mengganti Pancasila, merobek persatuan dan kesatuan serta merongrong keutuhan NKRI.

Terjadinya polarisasi, intoleransi dan radikalisme serta berkembangnya sikap kebencian dan penyebaran berita palsu di media sosial membuat ancaman terhadap Pancasila, keutuhan NKRI dan kebinekaan semakin nyata.

Menurutnya, peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momentum untuk meneguhkan kembali komitmen segenap komponen bangsa untuk menjaga Pancasila,menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Oleh karena itu pimpinan dan seluruh anggota DPR mendukung kebijakan pemerintah menetapkan Peraturan Presiden nomor 54 tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila," katanya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto mengucapkan selamat hari lahir Pancasila 1 Juni 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News