Novanto: Tuntaskan Utang Sejarah dengan Memerdekakan Palestina

Novanto: Tuntaskan Utang Sejarah dengan Memerdekakan Palestina
Ketua DPR, Setya Novanto. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, Konferensi Parlemen Asia-Afrika harus bisa mewujudkan kemitraan strategis yang membuka jalan bagi kemerdekaan Palestina sebagai hutang sejarah yang belum diselesaikan.

Ini disampaikan Novanto dalam pidatonya saat pembukaan Konferensi Parlemen Asia-Afrika di gedung Kura-kura, komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/4). Acara itu dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri sejumlah tokoh nasional dan pemimpin dunia.

Novanto secara khusus juga mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang memprakarsai peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika, yang makna membahas berbagai isu mulai dari pembangunan berkelanjutan, kemiskinan, kesehatan, konservasi lingkungaan hidup serta kemerdekaan Palestina.

"Kemitraan strategis baru diharapkan menjadi harapan baru yang efektif membuka jalan kemerdekaan Palestina. Kita akan menuntaskan utang sejarah yang belum kita selesaikan, yakni memerdekakan Palestina," kata Novanto.

Dia juga berharap Konferensi Parlemen Asia-Afrika dan KAA sendiri bisa mencari solusi atas masalah dunia yang semakin kompleks. Sehingga dibutuhkan kerja sama yang luar biasa dan bersifat konkret agar target-target nyata keberlangsungan hidup masyarakat kedua benua bisa tercapai.

"Untuk dapat merespon tantangan tersebut, konferensi ini diharapkan dapat melahirkan komitmen baru dalam bentuk deklarasi, perkuat kerja sama selatan-selatan, perdamaian dunia dan kesejaheraan rakyat," tegasnya.

Politikus Golkar ini juga menyampaikan perlunya kerjasama di berbagai bidang antara negara-negara Asia-Afrika, mulai dari bidang infrastruktur, perdagangan, energi, pengelolaan lingkungan hidup yang bersifat lestari.

Karenanya Novanto memandang perlunya dibangun komunikasi efektif antarparlemen Asia-Afrika. Karena parlemen berperan dalam memajukan demokrasi dunia, diplomasi internasional, serta memperkuat diplomasi pemerintah.

JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, Konferensi Parlemen Asia-Afrika harus bisa mewujudkan kemitraan strategis yang membuka jalan bagi kemerdekaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News