NTT Kembangkan Wisata Berburu Ikan Paus

NTT Kembangkan Wisata Berburu Ikan Paus
Gubernur NTT Frans Lebu Raya mendampingi Mendagri Tjahjo Kumolo meninjau persiapan pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara yang akan dilaksanakan di Lembata, Selasa (13/12). Foto: Ken Girsang/jpnn.com

jpnn.com - LEMBATA - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengatakan, pihaknya berjuang menjadikan NTT tuan rumah Peringatan Hari Nusantara 2016, dengan harapan banyak orang yang datang ke Pulau Lembata.‎

Pasalnya, selama ini tidak banyak yang mengetahui potensi salah satu kabupaten terluar di NTT tersebut.‎ Padahal sangat luar biasa.

"Misalnya, ikan paus, ‎taman laut yang indah di seberang sana dan potensi budaya dan seterusnya.  Karena itu kami butuh percepatan pembangunan, kami butuh akses untuk orang datang ke sini," tutur Frans saat mendampingi Mendagri TjahjoKumolo meninjau persiapan pelaksanaan Hari Nusantara 2016, Senin (12/12).

Menurut Frans, untuk menunjang potensi pariwisata di Lembata, ada beberapa pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan segera dilakukan.

Yaitu dermaga yang ada perlu diperluas. Kemudian runway bandara juga perlu diperpanjang.

"Ini penting ‎supaya akses untuk datang ke sini semakin lebih mudah. Karena kami sedang mengembangkan pariwisata di sini dan dengan ikon ikan paus," tutur Frans.

Informasi yang diperoleh menyebut, perairan Lamalera, Lembata kerap menjadi persinggahan kawanan ikan paus.

Biasanya, berlangsung sekitar Agustus setiap tahun. Nelayan biasanya memanfaatkan momentum tersebut untuk berburu ikan paus secara tradisional dan sudah turun temurun dilakukan.

LEMBATA - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengatakan, pihaknya berjuang menjadikan NTT tuan rumah Peringatan Hari Nusantara 2016, dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News