Nuh Bantah Resource Sharing untuk Pengiritan

Nuh Bantah Resource Sharing untuk Pengiritan
Nuh Bantah Resource Sharing untuk Pengiritan
JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh keberatan jika penerapan resource sharing atau berbagi sumber daya bidang pendidikan nasional diartikan sebagai bentuk pengiritan anggaran di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas).

“Resource sharing  yang kami terapkan saat ini tidak selalu identik dengan efisiensi atau pengiritan anggaran. Tetapi, yang kami maksudkan adalah ketepatan dalam pemanfaatan anggaran,” tegasnya ketika ditemui usai acara penutupan Rembuk Pendidikan Nasional di 2011 di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kemdiknas, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Jumat (18/3).

Mantan Menkominfo ini menjelaskan, sejak dulu aturan atau tata kelola sumber daya manusia di bidang pendidikan bisa dikatakan sangat rigid atau kaku. Menurutnya, hal ini justru tidak dapat saling memberikan keuntungan atau melengkapi antar satu bidang dengan bidang lainnya.

Dicontohkan, di dalam proses peningkatan angka partisipasi kasar (APK), ternyata ditemukan banyaknya siswa yang harus bersekolah di sekolah terbuka, kejar paker A,B dan C di tempat yang kurang memadai karena terbatasnya fasilitas yang tersedia. Oleh karena itu, dengan penerapan resource sharing ini, fasilitas fisik sekolah regular dapat digunakan untuk anak-anak sekolah terbuka dan sejenisnya termasuk tenaga pengajarnya.

JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh keberatan jika penerapan resource sharing atau berbagi sumber daya bidang pendidikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News