Nuh: Keberhasilan Kurikulum Tergantung Guru dan Buku

Nuh: Keberhasilan Kurikulum Tergantung Guru dan Buku
Nuh: Keberhasilan Kurikulum Tergantung Guru dan Buku
YOGYAKARTA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mulai melakukan uji publik terhadap rencana perubahan kurikulum pendidikan nasional. Sejumlah perubahan mendasar dilakukan mulai materi ajar berbasis tematik integratif sampai dengan penambahan jam pelajaran.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan masyarakat luas diminta memberikan masukan atas rencana perubahan kurikulum yang rencananya akan diterapkan tahun depan.

“Kita lempar ke publik untuk mendapatkan tanggapan. Tidak boleh pemerintah memutuskan sendiri (perubahan) kurikulum itu,” kata Nuh, usai melakukan sosialisasi kurikulum baru di Universitas Negeri Yogyakarta, DIY, Sabtu (1/12).

Pria yang pernah menjabat menteri komunikasi dan informasi itu mengatakan kurikulum berubah karena tuntutan zaman. Kebutuhan-kebutuhan terkait kompetensi lulusan juga berubah. Demikian halnya dengan proses pembelajaran dan cara mengevaluasi. “Tidak apa-apa berubah selama memiliki rasionalitas yang kuat,” katanya.

YOGYAKARTA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mulai melakukan uji publik terhadap rencana perubahan kurikulum pendidikan nasional. Sejumlah perubahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News