Nur Hidayat Sardini Ceramahi Panwaslu Kabupaten Malang

Nur Hidayat Sardini Ceramahi Panwaslu Kabupaten Malang
Nur Hidayat Sardini Ceramahi Panwaslu Kabupaten Malang

jpnn.com - MALANG - Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Nur Hidayat Sardini memberikan tips agar tugas dan fungsi pengawasan Pemilu di tingkat kecamatan berjalan lebih efektif. Tips ini ia berikan di hadapan 99 anggota PPK se-Kabupaten Malang, Kamis (12/09).

“Jangan berharap mimpi jadi presiden bila di tingkat panwascam aja tidak kompak,” ujar mantan ketua Bawaslu RI itu dalam acara yang digelar di kantor Panwaslu Kabupaten Malang.

Dia menerangkan, Panwascam terdiri orang-orang yang berasal dari beragam latar belakang. Ada yang dari masyarakat biasa, tokoh masyarakat, LSM, tokoh agama, bahkan ada yang guru.

Dengan latar belakang itu, cukup sulit  dengan membentuk kesatuan secara serta-merta alias instan. Pasalnya, dengan perbedaan latar belakang itulah, ada perbedaan karakteristik dan watak.

“Agar solid, maka perlu mengetahui latar belakang dan karakteristik masing-masing anggota,” saran mantan ketua Panwaslu Jawa Tengah itu.

Dia menambahkan, tim yang solid pun masih belum cukup. Perlu juga dibangun rasa saling percaya di antara masing-masing anggota. Pasalnya, tidak akan pernah tercapai visi dan misi bila tidak terjadi rasa saling percayaan satu sama lain.

Untuk itu, lanjutnya, mekanisme organisasi harus dilaksanakan. “Ada musyarawah atau pleno minimal seminggu sekali. Dalam pleno ini untuk membicarakan masalah kepengawasan,” ujar dia.

Jika kondisi tersebut telah dipenuhi, maka diperlukan rasa kebersamaan antara seluruh bagian Panwascam. Ia meminta ketua Panwascam untuk tidak bersikap sombong. Sedangkan, bawahannya dituntut untuk bersikap tahu diri.

MALANG - Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Nur Hidayat Sardini memberikan tips agar tugas dan fungsi pengawasan Pemilu di tingkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News