Nusa Dua Fiesta 2016 Catat Rekor Jumlah Wisatawan

Nusa Dua Fiesta 2016 Catat Rekor Jumlah Wisatawan
Arief Yahya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - NUSA DUA – Selama 19 tahun penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta, baru tahun ini mencatat rekor jumlah pengunjung tertinggi. 

Dirut PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar Mansyur menyebut 87.000 pengunjung selama 13-20 November 2016 lalu ke Peninsulla, Nusa Dua, Bali.

“Ini rekor tertinggi sepanjang sejarah events di Nusa Dua. Trend-nya bagus, dari 7.000 di hari pertama, Sabtu malampuncak acara 27.000, dan Minggu saat hujan deras pun 24.000 wisatawan,” kata Abdulbar.

Selama ini, kata dia, rekor terbanyak itu hanya 50.000 wisatawan. Bulan November 2016 lalu naik 174 persen menjadi 87.000 orang, tinggal sedikit lagi tembus 100 ribu orang. Angka itu pun sudah luar biasa, dengan agenda nonstop selama 9 hari. Ini adalah events nonstop terlama kedua di Bali, setelah PKB Pesta Kesenian Bali yang biasa digelar selama 30 hari nonstop di Art Center, Denpasar.

Nusa Dua Fiesta 2016 kali ini, menurut Abdulbar, memang dikemas beda. Yakni dengan menggelar event yang beragam, dari events buatan (pertunjukan music, Nusa Dua 10K Bali Cultural Run, Tennis Nusa Dua Open, Cross Culture Cycling, Hero Waste Fun Walk dan Nusa Dua Golf Tournament), events budaya (pawai budaya, pertunjukan kesenian tradisional, dll), events MICE (pameran-pameran, Celebrity Cooking Workshop). Seluruh kegiatan dilaksanakan dari tanggal 13 – 20 November 2016 di Peninsula Island.

Tema Nusa Dua Fiesta dari tahun ke tahun mengangkat, dengan topik yang berbeda-beda. Tahun lalu 2015 tema Love, Peace, and Harmony dan sedangkan tahun ini adalah “Bring the World to Bali.

"Tujuannya, adalah untuk melestarikan, mengembangkan, mempromosikan pariwisata Bali sehingga masyarakat Bali khusus nya mendapatkan manfaat banyak dari kegiatan ini. “Wisatawan Mancanegara naik 141 persen dari tahun sebelumnya,” kata Abdulbar.

Nusa Dua Fiesta ini bukan datang tiba-tiba. Sudah sejak tahun 1996, dirintis sebagai events untuk meramaikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Nusa Dua. Awalnya, digelar sebagai wahana apresiasi hotel dan tenant yang berada di Kawasan Pariwisata Nusa Dua, buat para tamu dan pengunjung. Namun belakangan ini justru  berkembang menjadi sebuah pesta besar (fiesta) yang menghadirkan berbagai atraksi seni, budaya, kuliner, kegiatan olahraga, hiburan dan pentas musik lokal, nasional dan internasional.

NUSA DUA – Selama 19 tahun penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta, baru tahun ini mencatat rekor jumlah pengunjung tertinggi.  Dirut PT Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News