Nyaman Main Di Berlin

Nyaman Main Di Berlin
Nyaman Main Di Berlin
LAWATAN ke Jerman di matchday ketiga kualifikasi Euro 2012 ini terasa istimewa bagi penggawa Turki. Pasalnya, laga dihelat di Berlin, salah satu basis imigran asal Turki terbesar di Jerman. Sekitar 30 ribu suporter Ay Zildizlar diperkirakan bakal memenuhi Olympiastadium, Berlin, untuk mendukung Hamil Altintop dkk. Tentunya, itu membuat mereka merasa tampil di rumah sendiri.

   

Saat ini, ada sekitar 1,66 juta imigran Turki yang hidup di Jerman. Selain itu, ada sekitar 700 ribu warga Jerman keturunan Turki. Di kubu Turki, banyak pasukan Guus Hiddink yang lahir dan besar di Jerman. Namun, mereka memilih membela timnas Turki karena merasa lebih dekat dengan tanah leluhurnya.     Salah satunya, Nuri Sahin, gelandang Turki yang kini merumput di Borussia Dortmund.

   

"Generasi ketiga Turki di Jerman sangat terintegrasi (dengan Jerman) sekarang," kata Sahin, seperti dilansir AFP. "Dan, siapa tahu, kanselir Jerman selanjutnya nanti bakal dijabat orang kelahiran Turki juga," lanjut pemain 22 tahun itu."Menurut saya, timnas Jerman adalah contoh bagus dari sebuah perpaduan budaya. Timnya sangat multikultural. Seluruh negeri, baik yang asli Jerman maupun keturunan Turki ikut bersorak kalau Mesut Oezil mencetak gol," papar Sahin.

       

Ya, Oezil adalah salah satu pemain timnas berdarah Turki. Kedua orang tuanya asli Turki, meskipun dia lahir dan besar di Jerman. Gelandang serang Real Madrid itu menyatakan sudah mantap memilih Jerman sebagai kewarganegaraan. Dia juga meyakinkan bahwa faktor emosional tidak akan mempengaruhi performanya di hadapan ribuan warga keturunan Turki.

      

LAWATAN ke Jerman di matchday ketiga kualifikasi Euro 2012 ini terasa istimewa bagi penggawa Turki. Pasalnya, laga dihelat di Berlin, salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News