Obama Percepat Penutupan Guantánamo

Obama Percepat Penutupan Guantánamo
Obama Percepat Penutupan Guantánamo
WASHINGTON – Janji Barack Obama untuk menutup penjara khusus tahanan teroris, Guantánamo, di Kuba akan secepatnya direalisasikan begitu pria berkulit hitam itu dilantik 20 Januari nanti.

Penasehat Obama mengatakan, penutupan bakal diwujudkan pada minggu pertama pemerintahan Obama. Bahkan bisa jadi, tepat pada hari pertama kerja.

Pernyataan itu menimpali kritik dari berbagai organisasi kemanusiaan yang ragu dengan keseriusan Obama. Apalagi, pada wawancara Minggu (11/1) dengan stasiun Televisi ABC, Obama mengaku, untuk menutup penjara simbol kedigdayaan  presiden George W. Bush dalam perang melawan teror itu tak semudah yang orang-orang bayangkan. Namun dia mengatakan, agenda penutupan itu menjadi salah satu prioritas dalam program 100 hari kekuasaannya.

"Menutup Gitmo dalam 100 hari masa kerja saya, sungguh sebuah tantangan,’’ kata Obama.

Kontan, pernyataan itu mendapat kritik dari organisasi kemanusiaan dan pengacara para tahanan di Guantanamo karena kalimat serupa juga pernah meluncur dari bibir Bush.

WASHINGTON – Janji Barack Obama untuk menutup penjara khusus tahanan teroris, Guantánamo, di Kuba akan secepatnya direalisasikan begitu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News