Obama Tunda Lagi Lawatan ke Indonesia

Pilih Fokus Tuntaskan Tumpahan Minyak di Teluk Meksiko

Obama Tunda Lagi Lawatan ke Indonesia
Presiden Barack Obama. Foto : The Independent
WASHINGTON — Rencana lawatan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Indonesia pada pertengahan bulan ini dipastikan batal. Alasan penundaan lawatan itu karena Obama harus fokus pada masalah tumpahan minyak akibat kebocoran pengeboran di Teluk Meksiko yang semakin meluas.

Obama menyampaikan penyesalan yang mendalam karena penundaan tersebut dan akan segera menjadwalkan lagi kunjungan ke Indonesia dan Australia. Sekretaris pers Gedung Putih, Robert Gibbs, mengumumkan penundaan itu kepada wartawan, tengah malam waktu Washington.

"Karena untuk menangani isu-isu penting, salah satunya masalah tumpahan minyak," ujar Gibbs menjelaskan alasan penundaan seperti dikutip Associated Press.

Obama pun langsung menelpon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd untuk menjelaskan alasan penundaan itu. Meski demikian pertemuan dengan Presiden SBY tetap akan digelar di forum pertemuan G-20 pada penghujung Juni ini di Kanada.

WASHINGTON — Rencana lawatan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Indonesia pada pertengahan bulan ini dipastikan batal. Alasan penundaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News