Obat Herbal AntiCovid dari Surabaya, Diklaim Lebih Efektif dari Klorokuin

Obat Herbal AntiCovid dari Surabaya, Diklaim Lebih Efektif dari Klorokuin
Obat herbal AntiCovid. Foto: Indonegri

jpnn.com - Komunitas Indonesia Green Innovation (Indonegri) menciptakan racikan obat herbal bernama AntiCovid, yang diyakini mampu menghilangkan gejala flu biasa maupun COVID-19.

"Melalui penelitian di bidang biomolekuler dan bioinformatika, kami telah menemukan beberapa senyawa kandidat yang dapat mengatasi SARS COV-2," kata Chief Research Officer Komunitas Indonegri Dr. Sulfahri kepada wartawan di Surabaya, Rabu (1/4).

Menurut dia, proses penelitian diawali dengan menargetkan 3 protein pada SARS-CoV-2 yang bertanggung jawab pada replikasi dan penempelan SARS-CoV-2 pada sel inang, yaitu ACE-2, 3-chymotrypsin-like protease (3CL-protease) dan COVID-19 Polymerase.

Adapun 3CL-protease adalah protease utama yang digunakan dalam proses replikasi virus. Sedangkan COVID-19 Polymerase juga merupakan protein untuk replikasi RNA yang berfungsi sebagai reseptor target.

"Beberapa herbal di Indonesia diduga mengandung senyawa potensial yang memiliki kemungkinan untuk menghambat protein 3CL-protease dan COVID-19 Polymerase," kata Sulfahri.

Lebih lanjut, Sulfahri mengungkapkan tentang tiga senyawa aktif yang berhasil diidentifikasi dari herbal potensial nusantara yakni Kaempferol, Quercetin dan Purpurin 18 Methyl Ester.

Ketiga senyawa itu dapat menjadi kandidat obat SARS-CoV2, berdasarkan uji molecular docking, bioactivity dan drugs likeness.

"Efektivitas senyawa aktif yang diidentifikasi dibandingkan dengan senyawa pembanding, yaitu Chloroquine yang merupakan senyawa yang telah banyak dieksplor oleh ilmuwan Tiongkok untuk mengobati COVID-19," ujarnya.

Indonegri menciptakan racikan obat herbal bernama AntiCovid, diyakini lebih efektif dari klorokuin yang mampu menghilangkan gejala flu biasa maupun COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News