Obati Kanker Serviks dengan Asam Cuka

Obati Kanker Serviks dengan Asam Cuka
Obati Kanker Serviks dengan Asam Cuka
MUMBAI - Para dokter di Mumbai, India melaporkan keberhasilan mereka mengurangi kematian perempuan akibat kanker pada mulut rahim (kanker serviks). Cara yang digunakan pun sederhana, yakni menggunakan asam cuka yang biasa tersimpan di dapur.

Penggunaan asam cuka itu diklaim dapat mencegah 73 ribu kematian per tahun akibat kanker serviks. Hasil studi yang dijelaskan dalam sebuah konferensi di Chicago itu mengungkapkan bahwa para dokter di India berhasil mengurangi kematian karena kanker mulut rahim sebanyak 31 persen, dalam studi yang melibatkan 150 ribu perempuan.

Seperti dilansir AFP, Senin (3/6), mengoleskan cuka pada mulut rahim akan mengakibatkan jaringan kanker berubah menjadi putih, sehingga memudahkan pengobatan dan pencegahan. Para periset mengatakan, cara sederhana ini bisa menyelamatkan puluhan ribu perempuan di negara berkembang yang tidak bisa menggunakan metode pap smear yang biasa digunakan di negara maju untuk mengetahui ada-tidaknya kanker.

Selama ini, negara-negara kaya telah berhasil mengurangi angka kematian akibat kanker serviks hingga 80 persen berkat meluasnya penggunaan pap smear yang rutin, sehingga dapat mendeteksi penyakit tersebut pada tahap awal. Namun, penyakit ini tetap menjadi penyebab utama kematian kanker di kalangan perempuan di India dan banyak negara berkembang lainnya karena kurangnya uang, dokter, perawat atau laboratorium.

MUMBAI - Para dokter di Mumbai, India melaporkan keberhasilan mereka mengurangi kematian perempuan akibat kanker pada mulut rahim (kanker serviks).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News