Obesitas Bisa Menular?

Obesitas Bisa Menular?
Ilustrasi

jpnn.com - APA Anda pernah mencoba menurunkan berat badan dengan tetap menjalankan diet?Namun, bukannya turun, timbangan tetap merangkak naik. Duh, kok bisa ya?

Sebuah penelitian terbaru menemukan kegemukan bisa menular. Menurut sebuah penelitian dari Wellcome Trust Sanger Institute, bakteri usus dari orang-orang yang kelebihan berat badan menyebar ke orang yang lebih ramping atau kurus.

Penelitian ini menemukan, bakteri usus bisa tertidur dalam spora untuk waktu yang sangat lama, melalui bentuk yang dikenal sebagai hibernasi bakteri. Dengan kata lain, bakteri bisa bertahan hidup di luar tubuh dan bisa ditransfer dengan cara ditelan.

Tidak hanya obesitas yang menular sesuai dengan kondisi, tetapi beberapa penyakit inflamasi usus. Seperti Irritable Bowel Syndrome dan alergi juga menular.

"Database genom yang telah ditemukan dari bakteri ini juga penting untuk dipelajari hingga kami bisa mengetahui apakah bakteri ini ada atau tidak pada orang dengan kondisi pencernaan tertentu," kata peneliti Dr. Sam Forster, seperti dilansir laman India Times, Selasa (7/6).

Namun jangan khawatir. "Kami kini bisa mulai merancang campuran terapi untuk digunakan mengatasi penyakit ini," pungkas Forster. (fny/chi/jpnn)

 

 

APA Anda pernah mencoba menurunkan berat badan dengan tetap menjalankan diet?Namun, bukannya turun, timbangan tetap merangkak naik. Duh, kok bisa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News