Jumat, 24 Mei 2019 – 17:56 WIB

Obesitas Mempercepat Pubertas pada anak laki-laki

Jumat, 03 Mei 2019 – 23:23 WIB
Obesitas Mempercepat Pubertas pada anak laki-laki - JPNN.COM

jpnn.com - Para profesional medis telah menentukan bahwa wanita mencapai pubertas lebih cepat ketika mereka mengalami obesitas. Studi terbaru mengkonfirmasi bahwa kondisi yang sama juga berlaku di kalangan pria.

"Studi tentang pubertas pada pria adalah kontroversial," kata peneliti utama Maria Veronica Mericq, M.D., seperti dilansir laman MSN, Selasa (23/4).

Karena itu, Mericq dan timnya dari Universitas Santiago meneliti 527 anak laki-laki di Chili untuk menentukan apakah obesitas juga mempercepat pubertas di kalangan pria, seperti halnya pada wanita.

Mereka juga melakukan penelitian untuk membuat makalah yang membantu menemukan bukti substansial tentang penyebab peningkatan obesitas pada pria di seluruh dunia.

Mereka menemukan bahwa anak laki-laki yang memiliki lemak perut berlebih mencapai pubertas lebih cepat, lapor Earth.com.

Para peneliti menggunakan data dari Studi Pertumbuhan dan Obesitas Kelompok Chile yang awalnya dilakukan oleh Instituto de Nutricion y Tecnología de Los Alimentos.

Selain memeriksa indeks massa tubuh (BMI) dari anak laki-laki, para peneliti juga mempertimbangkan lingkar pinggang, tinggi dan tanda-tanda pubertas untuk menentukan tingkat obesitas dan efeknya pada anak laki-laki di masa remaja awal mereka.

Hasilnya menunjukkan bahwa 9 persen anak laki-laki yang mengalami obesitas mengalami pubertas pada usia 9 tahun. Tim Dr. Mericq juga menentukan bahwa prevalensi total obesitas meningkat ketika anak laki-laki bertambah tua.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar