Obesitas Pada Wanita Picu Kanker Rahim

Obesitas Pada Wanita Picu Kanker Rahim
Obesitas Pada Wanita Picu Kanker Rahim
KUALA LUMPUR - Jumlah wanita yang meninggal akibat kanker rahim kemungkinan akan meningkat tajam seiring banyaknya perempuan yang mengalami kegemukan atau obesitas. Demikian diungkapkan para dokter ahli kandungan dalam konferensi internasional di Royal College of Obstetricians dan Gynaecologists (RCOG) Malaysia.

"Kanker pada lapisan rahim atau endometrium sangat terkait dengan obesitas. Di Inggris sendiri para wanita menunjukkan tren semakin gemuk, karenanya penderita kanker ini diperkirakan akan mengalami kenaikan," kata salah seorang ahli kandungan seperti dikutip Telegraph (6/6).

Dalam konferensi internasional tersebut, para ahli menyatakan bahwa setengah dari semua kanker pada lapisan rahim (canceers endometrium) terkait dengan obesitas. Pada saat ini, sekitar seperempat perempuan di Inggris mengalami obesitas, angka ini diperkirakan melonjak dua kali lipat pada 2050.

Terhitung sekitar 7.500 perempuan didiagnosis menderita penyakit ini setiap tahun. Sekitar seperempat dari angka itu meninggal dalam kurun lima tahun pasca diagnosis.

KUALA LUMPUR - Jumlah wanita yang meninggal akibat kanker rahim kemungkinan akan meningkat tajam seiring banyaknya perempuan yang mengalami kegemukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News