Octa Buka-bukaan soal Prediksi Pasar Finansial 2024

Octa Buka-bukaan soal Prediksi Pasar Finansial 2024
Ilustrasi: OctaFX

jpnn.com, JAKARTA - Analis pasar finansial Octa Kar Yong Ang menyatakan Octa menganalisis beberapa faktor penting dan membahas dua opsi pergerakan pasar finansial global pada 2024.

Pada 2023, Octa melihat bank sentral global berjuang melawan inflasi. Menyusul kenaikan suku bunga oleh bank sentral di seluruh dunia, inflasi global turun dari sekitar 10 persen pada musim panas 2022 ke levelnya saat ini yang kurang dari lima persen. 

"Sebagai konsekuensi dari kenaikan suku bunga, persyaratan pengembalian aset yang lebih tinggi juga menjadi hambatan bagi perekonomian global," kata Kar Yong Ang. 

Kemudian, pada 2024, Octa menilai perekonomian dunia memasuki tahun pemilu yang tak pelak akan meningkatkan ketegangan geopolitik di AS dan seluruh dunia. 

Selain itu, kemungkinan Fed untuk mengarahkan perekonomian AS pada pendaratan lunak (soft landing) dengan suku bunga masih belum ditentukan. 

Tambahan lagi, ancaman resesi global pun masih membayangi. 

"Oleh karena itu, kami telah mengamati dua skenario kemungkinan perilaku pasar. Skenario dasar akan menandai dimulainya kembali pertumbuhan global, jadi kami menganggap skenario ini positif. Skenario non-dasar menyiratkan realisasi sebagian besar risiko ekonomi dan geopolitik sehingga bisa disebut negatif," jelas Kar Yong Ang.

Skenario dasar, pendaratan lunak

Octa menganalisis beberapa faktor penting dan membahas dua opsi pergerakan pasar finansial global pada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News