Oh, Begini Cara Musa Menghafal Alquran

Oh, Begini Cara Musa Menghafal Alquran
Musa La Ode Abu Hanafi. Foto: Facebook Abu Hanafi

jpnn.com - MUSA La Ode Abu Hanafi menorehkan prestasi luar biasa. Di usianya yang masih 7 tahun 10 bulan, dia sudah berhasil menghafal Alquran 30 juz. Dia pun menuntaskannya tidak lama, hanya butuh waktu lima tahun. Seperti apa proses hafalannya? 

RENDI FADILLAH - Palembang

“Musa, ayo kita hafalan!” kalimat itu selalu diucapkan ayah Musa, La Ode Abu Hanafi kepada anak pertamanya itu. Sulung dari empat bersaudara itu pun lalu menyiapkan diri untuk setoran hafalan Alquran ke ayahnya sendiri. 

Meski mengaku belum hafiz, ayahnya  tetap memberikan pembelajaran menghafal Alquran kepada anaknya. Proses menghafal sudah berlangsung sejak Musa berusia dua tahun. 

Awalnya, Abu Hanafi mengaku belum sampai kepikiran menciptakan anaknya menjadi hafiz Quran 30 juz. 

“Semula saya arahkan Musa untuk belajar Alquran saja. Namun ternyata, Musa itu cepat sekali menghafal. Jadi terus saya semangati untuk hafalan sampai dia hafiz,” kata pria yang tinggal di Pal 4, Mentok, Bangka Barat ini. 

Selama proses hafalan, Musa tetap menjalani aktivitas seperti anak-anak pada umumnya. “Waktunya saya bagi-bagi. Dia juga bermain dengan teman-temannya, tapi kala waktu menghafal dan setoran ayat, Musa melakukan itu,” lanjut Abu Hanafi. 

Di awal-awal, katanya, dia mendikte Musa menghafal ayat sampai dia berumur empat tahun atau saat sudah lancar membaca Alquran. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News