OJK Klaim Agen Laku Landai Meningkat, Ini Datanya

OJK Klaim Agen Laku Landai Meningkat, Ini Datanya
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA - Data otoritas jasa keuangan (OJK) kantor regional 4 menunjukkan, jumlah agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) di Jatim meningkat.

Hingga akhir Februari lalu, jumlah agen mencapai 5.173. Jumlah itu dianggap merupakan pertumbuhan yang sangat positif.

Kepala OJK Kantor Regional 4 Sukamto mengatakan, jumlah itu tergolong tinggi.”’Kami masih dalam tahap edukasi. Agen yang berjumlah lebih dari lima ribu ini sangat bagus,” ujar Sukamto, Senin (11/4).

OJK terus melakukan edukasi dan sosialisasi di berbagai daerah di Jatim. Di antaranya, Kediri, Jember, dan Banyuwangi. Daerah-daerah tersebut dinilai lebih membutuhkan agen branchless banking karena sulit dijangkau perbankan.

“Beberapa bank sudah memulai konsolidasi di daerah-daerah itu. Bank yang mampu melihat potensi daerah dengan tepat akan memenangkan kompetisi,” lanjutnya.

Hal serupa terjadi di PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Dari 713 agen yang dimiliki hingga awal April 2016, sebanyak 148 di antaranya berasal dari Jember. Dua wilayah lain yang banyak menggaet agen baru adalah Sidoarjo dan Tulungagung. (rin)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News