Olahraga Bantu Memperbaiki Kerusakan Tubuh Akibat Minum Alkohol

Olahraga Bantu Memperbaiki Kerusakan Tubuh Akibat Minum Alkohol
Ilustrasi. Foto healthycare

jpnn.com - OLAHRAGA tak hanya baik untuk kesehatan. Bagi peminum alkohol, olahraga juga sangat membantu mereka untuk mengurangi risiko kematian akibat kanker.

Olahraga juga bisa mengurangi risiko penyakit terkait alkohol lainnya, seperti penyakit jantung fatal dan stroke.

Akademisi di London, Kanada, Norwegia dan Australia memberikan kontribusi untuk penelitian ini.

Salah satu yakni meneliti kesehatan pria dan wanita di atas 40 tahun. Hasilnya dibandingkan dengan survei kesehatan nasional di Inggris dan Skotlandia pada 1994.

Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, menegaskan bahwa latihan fisik yang moderat bisa menetralkan jalur penyakit biologis akibat asupan alkohol yang tinggi.

Untuk mendapatkan kesimpulan itu, para peneliti mengamati tingkat konsumsi alkohol dan kebiasaan olahraga dari 36.370 orang Inggris usia 40 tahun ke atas.

"Hasil kami memberikan argumen tambahan untuk peran aktivitas fisik sebagai sarana untuk mempromosikan kesehatan bahkan di hadapan perilaku kurang sehat lainnya," kata para peneliti, seperti dilansir laman Yahoo Health, Kamis (13/10).

Namun, Sarah Toule dari World Cancer Research Fund mendesak mereka yang suka minum alkohol untuk berhati-hati.

OLAHRAGA tak hanya baik untuk kesehatan. Bagi peminum alkohol, olahraga juga sangat membantu mereka untuk mengurangi risiko kematian akibat kanker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News